Saturday, October 20, 2007

HAM Migran dan Advokasi ..



Kondisi yang terus mendera buruh migran tidak hanya dialami buruh migran Indoensia. Kondisi senada juga terjadi pada buruh migran negara lain. Keadaan ini telah mengundang respon berbagai pihak. Berbagai usaha untuk merubah kondisi ini dilakukan. Pun sebuah lembaga pendidikan publik dari Australia merespon kondisi ini. Diplimacy Training Program, lembaga peningkatan kapasitas SDM dari Australia, memiliki program khusus mengenai buruh migran, Hak Asasi Buruh migran, dan bagaiman mengadvokasinya. Juga ada program training untuk issue lain terkait dengan HAM juga.

Program ini telah diselenggaran sejak tahun 2004. Sekarang adalah tahun ke 4. Mereka mengadakan training setiap tahun. Pesertanya berasal dari berbagai negara, sebagian besar asia pacific . Untuk tahun ini mereka menyelenggarakan di Phnom penh, Kamboja. Pelatihan selama 5 hari efektif, 15 19 oktober 2007. Pesertanya berasala dari 14 negara; Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, Taiwan, Singapura, Indonesia, Hindia, Banglades, Nepal, Australia dan lainnya. Tahun ini Indonesia mendapat kesempatan mengirimkan 3 orang perwakilan. Tetapi pada saat pelaksanaaan hanya satu peserta dari Indonesia.

Training in melibatkan peserta untuk berpartisipasi aktif. Tidak hanya teori, role play untuk beberapa sesi. Bahkan untuk sesi Lobby, peserta diajak untuk praktek langsung menemui beberapa stake holder buruh migran di Kamboja dan melakukan lobby.

Desain training benar-benar mengena. dan materinya sangat berguna dan aplikatif. Dan selain itu pesertanya bersemangat. Tidak hanya menikmati sesi demi sesi tapi juga berkomitmen untuk segera mengapllikasikan begitu sampai di negar amasing-masing.

So, ingin juga mengikuti training ini...!
Tahun depan bisa kirim aplikasi and siapa tahu bisa terlibat...?
Atau bisa juga aplikasi untuk training lainnya yang juga di adakan oleh DTP ..

No comments yet