Thursday, July 19, 2007

Perjalanan BMI


Aku hanya ingin bekerja. Aku tidak menemukan pekerjaan di rumahku. Aku tahu kalau di Malaysia aku bisa mendapatkan pekerjaan dan uang selama aku mau berusaha. Sudah lima tahun aku meninggalkan rumahku di Kalimantan barat. Dan aku bisa dapat penghasilan di Malaysia. Kenapa orang-orang menangkap kami?

Kini aku telah menjalani kehidupan di dalam penjara. Lima bulan lalu RELA menangkapku. Dua orang temanku juga ditangkap. Selanjutnya aku merasakan dunia di balik terali besi di negeri orang bersama beratus-ratus perempuan lainnya. Aku baru tahu kalau tidak semua dari mereka mengalami nasib yang sama denganku. Ada juga kasus narkoba. Mereka menyebutnya ”kes dadah”.

Setelah melewati dunia penuh kungkungan aku dan berpuluh-puluh pekerja perempuan dari Indonesia pun dipulangkan ke Indonesia.

Sekarang aku telah di Ciracas, Jakarta. Aku bertemu dengan beberapa agen yang menawarkan pekerjaan di luar negeri. Ada yang ke Hong Kong, Taiwan, Arab Saudi juga Malaysia. Sebenarnya aku ingin mendaftarkan diri. Tapi aku harus bayar satu juta. Aku tidak punya uang sama sekali.

Sekarang aku ingin kembali ke Kalimantan Barat dulu. Mungkin besok kapal yang membawa kami pulang akan berangkat. Nanti mungkin aku akan berangkat lagi ke Malayasia setelah aku bertemu dengan keluargaku. Karena aku harus tetap mencari uang.

No comments yet