Friday, June 15, 2007

Aura BMI


Kisruh BT (Bambang Triatmojo) telah menggegerkan semua pihak. Melanie, seorang mantan Buruh migran INdonesia (BMI) Hongkong, pernah terlibat beberapa aksi. Menentang eksploitasi dan tindak kekerasan terhadap BMI. Bahkan terlibat aksi turun jalan pada saat digelar sidang WTO di Hong Kong tahun 2005 lalu. Juga tersedot geger BT. Begitu dahsyatnya aura Cendana ..

Bagaimana dengan beribu-ribu BMI di luar negeri. Jauh dari jangkauan negara. Tanpa perlindungan yang memadai. Tersebar di permukaan bumi demi mempertahankan perut tetap terisi. Tidak cukupkah itu menimbulkan kepedulian pihak berwenang?

Beribu-ribu BMI ada di penjara Malaysia. Setiap minggu beratus-ratus dipulangkan paksa ke Indonesia. Tanpa ada perencanaan akan bisa mengganjal perut dari mana.

Beribu-ribu BMI ada di penjara Arab Saudi. Tanpa pernah diketahui sanak-saudara di Indonesia. Apa yang terjadi pada BMI setelah tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga. Satu tahun. Dua tahun. Tiga tahun. Terus bertambah. Berbagai ancamam hukuman dihadapi. Sendiri. Tanpa pendamping. Dukungan.

Beribu-ribu BMI tersebar di negara-negara lain. Bertahan sendirian. Tak terdeteksi. Tak ada yang bisa melaporkan keadaannya, bahkan keberadaannya.

Aura kekerasan, kekejaman, eksploitasi, pemerasan, penipuan terus mengelilingi. Belum cukupkah mengoyak kesadaran pemerintah? Upayakan melindungi buruh migran! Coba gulirkan dan lakukan dengan kesadaran serta komitmen. Jangan jadikan proyek ..

No comments yet